ISO 14001:2015

ISO 14001: 2015 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan yang dapat digunakan oleh organisasi untuk meningkatkan kinerja lingkungannya. ISO 14001: 2015 dimaksudkan untuk digunakan oleh organisasi yang berusaha mengelola tanggung jawab lingkungannya secara sistematis yang berkontribusi pada pilar keberlanjutan lingkungan.

ISO 14001: 2015 membantu organisasi mencapai hasil yang diharapkan dari sistem manajemen lingkungannya, yang memberikan nilai bagi lingkungan, organisasi itu sendiri dan pihak yang berkepentingan. Konsisten dengan kebijakan lingkungan organisasi, hasil yang diharapkan dari sistem manajemen lingkungan meliputi:

  • Peningkatan kinerja lingkungan;
  • Pemenuhan kewajiban kepatuhan;
  • Pencapaian tujuan lingkungan.

ISO 14001: 2015 berlaku untuk setiap organisasi, terlepas dari ukuran, jenis dan sifatnya, dan berlaku untuk aspek lingkungan dari kegiatan, produk, dan layanannya yang ditentukan oleh organisasi dapat dikontrol atau dipengaruhi dengan mempertimbangkan perspektif daur hidup. ISO 14001: 2015 tidak menyatakan kriteria kinerja lingkungan yang spesifik.

Tujuan Standar Internasional ini adalah untuk menyediakan organisasi dengan kerangka kerja untuk melindungi lingkungan dan menanggapi perubahan kondisi lingkungan yang seimbang dengan kebutuhan sosio-ekonomi. Ini menetapkan persyaratan yang memungkinkan organisasi untuk mencapai hasil yang diinginkan yang ditetapkan untuk sistem manajemen lingkungannya.

Pendekatan sistematis untuk manajemen lingkungan dapat memberikan manajemen puncak dengan informasi untuk membangun kesuksesan dalam jangka panjang dan menciptakan opsi untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dengan:

  • melindungi lingkungan dengan mencegah atau mengurangi dampak lingkungan yang merugikan;
  • memitigasi potensi dampak buruk kondisi lingkungan pada organisasi;
  • membantu organisasi dalam memenuhi kewajiban kepatuhan;
  • meningkatkan kinerja lingkungan;
  • mengendalikan atau mempengaruhi cara produk dan layanan organisasi dirancang, diproduksi, didistribusikan, dikonsumsi, dan dibuang dengan menggunakan perspektif daur hidup yang dapat mencegah dampak lingkungan agar tidak tergeser secara tidak sengaja di tempat lain dalam siklus hidup;
  • mencapai manfaat keuangan dan operasional yang dapat dihasilkan dari penerapan alternatif yang ramah lingkungan yang memperkuat posisi pasar organisasi;
  • Mengomunikasikan informasi lingkungan kepada pihak yang berkepentingan yang relevan.

ISO 14001: 2015 dapat digunakan secara keseluruhan atau sebagian untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan secara sistematis. Klaim kesesuaian dengan ISO 14001: 2015, bagaimanapun, tidak dapat diterima kecuali semua persyaratannya dimasukkan ke dalam sistem manajemen lingkungan organisasi dan dipenuhi tanpa pengecualian.


08111599899
WhatsApp WhatsApp us